Kamis, 13 Februari 2020

Proyek SPAM Semarang Barat Dipercepat

World News - Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi bersama jajaran PDAM Tirta Moedal meninjau ke tempat pelaksanaan pembangunan SPAM Semarang Barat di Kawasan Jatibarang, Rabu (12/2/2020). Di sana Hendi menegaskan juga akan ikut serta memantau progres pengerjaan SPAM Semarang Barat agar dapat selesai sesuai target yang ditetapkan. 

Direktur PDAM Tirta Moedal, Yudi Indardo menyampaikan optimismenya terkait percepatan penyelesaian proyek tersebut. Sebab, sejauh ini pihaknya belum menemukan kendala yang berarti. 

“Kendala tidak ada, paling hujan. Tapi sekarang teknologi sudah mulai baik, beton sudah diberi chemical jadi bisa lebih cepat kering,” katanya. 

Ia menjelaskan, pembangunan SPAM Semarang Barat sendiri menggunakan mekanisme pembiayaan KPBU (Kerja sama Pemerintah Badan Usaha) dengan total investasi mencapai Rp1,3 triliun. Rinciannya Rp480 miliar dana investasi swasta, Rp400 miliar Pemkot dan PDAM, serta Pemerintah Pusat sebesar Rp 500 miliar.  

Tahun lalu, mekanisme pembiayaan ini mendapat penghargaan dari Presiden Jokowi pada ajang Penghargaan Pembangunan Daerah 2019. Dengan kapasitas mencapai 1.000 liter per detik, SPAM Semarang Barat dapat memenuhi air bersih bagi 65 ribu KK di Kecamatan Semarang Barat, Ngaliyan dan Tugu. 

“Sampai hari ini dari target seharusnya 6%, Alhamdulilah sudah terlewati jadi 16%. Targetnya selesai pada Mei 2021, tapi kalau melihat hari ini pekerjaannya jauh di atas target kemungkinan pada Januari atau Februari 2021 sudah bisa dioperasi,” imbuhnya. 

Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi meminta PDAM Tirta Moedal untuk bisa fokus memantau progres pembangunan SPAM Semarang Barat. Sebab dengan besarnya investasi yang digunakan untuk membangun sistem penyediaan air bersih Semarang Barat tersebut, Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi itu berharap project tersebut dapat benar - benar bermanfaat bagi masyarakat. 

“Kita pantau terus supaya kemudian dengan biaya sebesar ini kemanfaatannya untuk masyarakat Kota Semarang ada, terutama penyediaan air bersih bisa bermanfaat dan tepat sasaran,” katanya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar