Rabu, 21 Agustus 2019

Tidak Mau Gendut ? Jangan Terlalu Banyak Makan Garam

World News - Sebuah data dari Kementrian Kesehatan RI menunjukan, konsumsi Gula Garam Lemak (GGL) masyarakat Indonesia masih sangat tinggi. Maka tak heran, angka Obesitas yang masuk dalam katagori penyakit tidak menular juga terus mengalami peningkatan.
Penting kamu ketahui, berbicara tentang Obesitas, pencetusnya bukan hanya Lemak saja. Tetapi konsumsi Garam berlebih juga memiliki peran untuk urusan berat badan. Seperti yang dilansir AkuratHealth dari Livestrong, mengurangi asupan Garam dapat membantumu dalam menurunkan berat badan.
Tubuhmu memang membutuhkan natrium untuk mengontrol tekanan darah dan volume darah serta mempertahankan fungsi saraf dan otot dengan baik. Sodium adalah komponen alami dari berbagai makanan, tetapi berlebihan natrium juga dapat menahan air di dalam tubuh, yang akhirnya membuat timbangan naik.
Berdasarkan studi yang diterbitkan pada 2014 di Nutrition Hospitality, asupan Garam yang berlebihan dapat memicu Obesitas. Dalam penelitian tersebut, peneliti melihat kebiasaan makan 418 orang dewasa, dan menemukan hubungan positif antara indeks massa tubuh, konsumsi natrium dan konsumsi kalori.
Sodium tidak mengandung kalori atau Lemak, saat mengonsumsi gatam tinggi, tubuh Anda mengeluarkan air dari sel-sel ke aliran darah. Volume darah akan meningkat dan sel-sel menjadi dehidrasi. Kamu alan terus merasa haus.
"Tambahan satu gram Garam yang mengandung 400 miligram sodium, dapat menyebabkan kenaikan berat badan sementara sebesar dua pon," kata dr. Jack Osman, dari Towson University.
Secara teoritis, kamu dapat kehilangan sekitar 3 pon jika mengurangi asupan natrium menjadi 1.000 hingga 1.500 miligram per hari, selama tujuh hari, menurut The Athlete's Guide to Making Weight oleh Michele Macedonio dan Marie Dunford.
So, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengurangi asupan Garam. Bukan hanya mengurangi faktor risiko terjadinya HipertensiGagal Ginjal, dan lain sebagainya, tapi mengurangi asupan Garam juga dapat menjadi salah satu cara yang membantu menurunkan berat badan Anda.
Mulai sekarang, jika membeli makanan kemasan, jangan lupa perhatikan kandungan natriumnya. Karena sebagian besar makanan cepat saji mengandung natrium yang cukup tinggi. []

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar