Jumat, 30 Agustus 2019

4 Tips dan Trik Untuk Atur Keuanganmu Agar Gaji 'Kecil' Cukup untuk Sebulan

World News - Gaji kecil identik dengan sulitnya memenuhi kebutuhan dan keinginan dalam waktu yang bersamaan. Namun, sebenarnya asumsi ini tidaklah benar.
Sebenarnya, cukup tidaknya Gaji itu tergantung bagaimana Anda mengelola keuangan. Semakin Anda baik dalam perencanaan keuangan, Anda dapat semakin merasa Gaji tersebut cukup untuk segalanya.
Sekarang ini masih banyak orang yang masih mengeluh menyoal jumlah Gaji yang diterima setiap bulannya terbilang kecil. Bahkan, hampir semua berpendapat bahwa mereka sangat menginginkan pekerjaan yang bisa memberikan Gajiyang lebih besar dengan pekerjaan yang sesuai dengan kemampuannya.
Untuk itu, agar Gaji bulanan Anda terasa cukup, maka mulailah atur kembali dalam mengelola keuangan dengan baik. Biar tidak ragu harus memulainya dari mana, berikut ini terdapat cara mudah yang bisa diterapkan pada kehidupan Anda menyoal mengatur Gaji bulanan yang jumlahnya kecil.
1. Langsung Menabung Setelah Gajian
Menabung yang bijak adalah menabung yang dilakukan setelah menerima Gaji. Amat sangat disayangkan, di zaman sekarang ini masih banyak orang yang menabung di akhir-akhir bulan atau menunggu Gaji bulanannya ada sisa.
Padahal, akan jauh lebih baik jika mereka menabung terlebih dahulu agar uang tersebut aman di rekening tabungan lain yang nantinya bisa saja digunakan untuk kebutuhan mendadak. Oleh karena itu, sesaat setelah Gajian, langsunglah sisihkan sejumlah yang sudah ditentukan untuk ditabung ke rekening khusus.
Mau tunggu apa lagi? segeralah perbaiki kebiasaan menabung dari sisa Gaji di akhir bulan. Tentukan jumlah nominal terlebih dahulu sesuai dengan kebutuhan, kemudian langsung masukan ke dalam rekening tabungan.
2. Tetapkan Prioritas Kebutuhan
Sebelum pergi ke pusat perbelanjaan untuk belanja kebutuhan bulanan, pastikan sudah menyusun skala prioritas terlebih dahulu dalam daftar rencana belanja. Disini Anda harus cerdas dalam memilih produk yang harus didahulukan dan produk yang bisa ditunda. Hal ini bisa membantu Anda untuk lebih bijak lagi dalam membeli kebutuhan bulanan.
Tak ada salahnya untuk tidak sering mengunjungi tempat perbelanjaan seperti mall atau melihat-lihat online shop. Hal ini bisa dilakukan, agar tidak melakukan pembelian barang-barang yang sebenarnya hanya keinginan. Bila ada barang yang memang diinginkan, tak ada salahnya menabung untuk membeli barang tersebut. Dengan begitu, kondisi keuangan bulanan tetap dalam kondisi yang aman.
3. Buat Catatan Pengeluaran Harian
Mencatat pengeluaran harian juga bisa dilakukan untuk melihat cerminan pengeluaran Anda dalam sehari. Setelah itu, jumlahkan seluruh pengeluaran yang ada di catatan untuk mengetahui biaya yang digunakan dalam sebulan digunakan untuk apa saja. Anda bisa menggunakan buku kecil khusus atau note pada smartphone sebagai catatan pengeluaran keuangan.
Saat malam hari sebelum tidur, lihatlah catatan tersebut dan cek kembali semua uang yang dikeluarkan untuk apa saja. Biasanya, ketika melakukan ini sering terjadi penyesalan saat melihat catatan tersebut karena tiba-tiba tersadar bahwa ada beberapa barang yang seharusnya tidak perlu dibeli. Ini akan membuat Anda bisa terbiasa untuk tidak mengeluarkan uang dengan mudah hanya untuk sekedar membeli barang keinginan saja, sehingga keuangan bisa dikontrol dengan baik.
4. Bawa Uang Secukupnya
Seringkali membawa uang cash yang berlebihan bisa membuat Anda khilaf untuk belanja barang yang sebenarnya hanya keinginan semata saja. Untuk menghindari hal itu, sebaiknya siapkan uang dengan jumlah yang cukup ketika bepergian kemanapun.
Misalnya, bila pergi ke kantor bawa uang yang cukup untuk makan siang, bensin dan uang lebih buat jaga-jaga bila ada keperluan mendadak. Sementara untuk travelling, sebaiknya Anda harus lakukan perhitungan secara rinci, agar uang yang diperlukan tidak kekurangan dan tidak kelebihan. []

Sumber : Akurat.co

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar