Kamis, 30 Mei 2019

Laptop dengan Enam Virus Komputer Paling Berbahaya di Dunia, Dijual Rp17,3 Miliar

World News - Jika Anda terobsesi dengan virus-virus komputer dan memiliki uang USD1,2 juta (Rp17,3 miliar), Anda dapat membeli laptop tahun 2008 yang diinfeksi enam virus komputer paling berbahaya di dunia.
“Persistence of Chaos” menjadi proyek seni unik oleh seniman internet China Guo O Dong yang bekerja sama dengan perusahaan keamanan siber Deep Instinct. Laptop Samsung 2008 itu menggunakan Windows XP SP3 dan diinfeksi dengan enam malware paling berbahaya di dunia yakni ILOVEYOU, MyDoom, SoBig, WannaCry, DarkTequila, dan BlackEnergy.
Enam ancaman online ini telah mengakibatkan kerugian sebesar USD 95 miliar di penjuru dunia dalam dua dekade terakhir. Guo pun melelang laptop itu dan menjualnya pada penawar tertinggi.
“Potongan-potongan software ini terlihat sangat abstrak, hampir palsu dengan nama lucu dan aneh mereka, tapi saya pikir mereka menegaskan bahwa web dan IRL bukan tempat berbeda. Malware menjadi salah satu cara paling terlihat sehingga internet dapat melompat keluar dari monitor Anda dan menggigit Anda,” tutur seniman papan atas itu, dilansir dari Oddity Central.
Dia menambahkan bahwa kreasi terbarunya itu merupakan daftar ancaman historis. Meski tampak provokatif dan mengejutkan, menjual laptop berisi enam virus komputer paling terkenal dalam sejarah manusia itu bukan hal paling bijaksana yang dapat dilakukan seseorang.
Perusahaan keamanan siber China itu menggunakan laptop Samsung NC10 dan memastikan laptop tersebut tidak dapat terhubung ke internet atau perangkat lain.
Lelang laptop berakhir pada 27 Mei dan penawar terakhir tertarik membelinya sebesar USD 1,2 juta. Meskipun semua langkah keamanan diambil oleh Guo O Dong untuk menghentikan enam virus itu menyebar online, pembeli laptop masih harus menandatangani pernyataan bahwa mereka tidak berniat menyebarluaskan malware manapun. []


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar