Kamis, 20 Juni 2019

5 Tips Bikin Usaha Kopi Makin Cuan, Kenali Target dan Ikuti Tren!

World News - Budaya ngopi memang sudah sejak lama ada. Bahkan beberapa tahun terakhir ini, budaya tersebut semakin digemari oleh berbagai kalangan. Karena semakin maraknya penggemar minuman pekat beraroma khas itu, semakin menjamur pula bisnis kedai kopi dengan berbagai bentuknya.
AKURAT.CO melansir dari berbagai sumber, berikut beberapa tips agar berbisnis kopi tidak hanya bisa laku keras tetapi juga menjadi tren baru.
1. Melek dengan tren
Tidak ada yang mudah ketika sedang memulai suatu bisnis. Tetapi ketika kamu tahu target bisnismu, tantangan yang timbul dapat diatasi dengan lebih efektif. Untuk mengerti target bisnismu, kenali targetmu dan ikuti tren yang sedang dibicarakan oleh targetmu. Dengan mengikuti tren, kedai kopimu juga dianggap lebih dekat dengan target pasarmu.
2. Sedikit berbeda itu lebih baik
Setiap kedai kopi umumnnya akan memberikan pelayanan hingga suasana kedai kopi yang kualitasnya hampir sama. Tetapi, sedikit berbeda dari yang sudah ada itu lebih baik daripada sedikit lebih baik dari yang sudah ada. Dengan sedikit berbeda entah melalui penyajiannya atau bentuk kedainya, walaupun sebenarnya memiliki kualitas yang sama baiknya dengan kedai kopi yang ada, akan lebih meningkatkan keinginan pelanggan untuk datang.
3. Jaga komunikasi dengan pegawai
Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan dari meningkatnya pelanggan, kamu perlu memastikan bahwa produktivitas di kedai kopimu juga meningkat. Dengan menjaga keharmonisan antarpegawai, produktivitas dapat terus terjaga bahkan bisa juga meningkat. Agar keharmonisan dapat terus terjaga, komunikasi haruslah terus dirawat dengan baik tidak hanya oleh setiap pegawai tetapi juga oleh pemilik kedainya.
4. Sadar dengan posisi
Seorang pemilik kedai kopi juga harus melek dengan posisinya sendiri, jangan sampai terlalu dalam mencampuri urusan yang ada di kedai tetapi juga jangan terlalu jauh mememercayakannya. Jika ada suatu masalah, jangan sampai lepas tangan dan menyalahkan pegawai. Jangan segan untuk turun tangan dan menyelesaikan masalah bersama-sama.
5. Tingkatkan kualitas komunikasi
Baik pegawai maupun pemilik kedai kopi dituntut untuk memiliki kemampuan komunikasi yang mumpuni. Melalui komunikasi dengan pelanggan, pegawai dan pemilik kopi bisa mengembangkan kedai kopi sesuai minat dan keinginan dari pelanggan yang datang. Bentuk komunikasi pun tidak hanya secara offline tetapi juga secara online. Dengan begitu, kesan yang didapatkan oleh pelanggan dapat membuatnya untuk kembali lagi ke kedai kopimu.
Tips di atas sangat bisa diaplikasikan dalam berbagai macam kedai kopi. Apakah kamu tertarik memulainya? []

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar