Rabu, 01 Januari 2020

Jaga Kesehatan Harus Tetap Dilakukan Walaupun Banjir Melanda


World News - Hujan deras yang mengguyur rata Jabodetabek mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah. Ketika banjir datang, beberapa penyakit turut menyertai dan menjadi ancaman bagi masyarakat yang terdampak.

Untuk terhindar dari jatuh sakit saat banjir melanda wilayahmu, ada beberapa tips sehatnya yang AkuratHealth lansir dari berbagai sumber, berikut ini diantaranya:

Perbanyak minum

Menjaga tubuh tetap terhidrasi sangat penting dilakukan saat banjir datang. Saat kamu meminum dari air tanah, pastikan air yang diminum memang layak untuk diminum karena biasanya air tanah telah terkontaminasi dengan banjir, lalu rebuslah air hingga mendidih. Tapi saat banjir, Kamu lebih baik untuk meminum air kemasan agar lebih aman.

Makan makanan sehat

Asupan makanan juga sangat dibutuhkan saat banjir agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Makanlah makanan yang higienis dan bergizi serta menyehatkan. Hindari untuk makan makanan yang tidak jelas proses masak dan pencucian alat masaknya.

Perhatikan perlindungan tubuh

Saat Kamu terkena genangan air banjir, maka selalu perhatikan perlindungan tubuh untuk meminimalisir hal yang tak diinginkan. Pakailah selalu alas kaki, sepatu bot dan sarung tangan jika melintasi air banjir agar tubuh kita terlindungi dari kemungkinan terluka atau terkena infeksi dan lain sebagainya.

Jaga kebersihan tubuh

Sesudah melewati genangan air banjir, Kamu perlu mencuci kaki dengan air bersih dan sabun sesegera mungkin. Biasakan untuk selalu mencuci tangan dengan sabun sebelum dan sesudah makan untuk terhindar dari berbagai macam penyakit.

Rutin ganti pakaian

Pakaian yang basah akibat genangan banjir memiliki risiko terpapar berbagai kuman dan penyakit. Maka dari itu penting untuk tidak menggunakan pakaian yang sudah basah karena banjir terlalu lama akibat banjir. Selain itu Kamu harus sering-sering untuk membilas tubuh agar kesehatan kulit tubuh tetap terjaga.

Konsumsi asupan vitamin C

Mengonsumsi vitamin C saat banjir sangat direkomendasikan untuk menghindari tubuh terkena demam dan flu akibat kebasahan karena banjir dan hujan. Komsumsi vitamin C juga sebagai asupan lebih untuk menjaga daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah sakit. Vitamin C bisa kamu dapatkan dari meminum suplemen, konsumsi jeruk, lemon, dan sayur-sayuran.


Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar