Jumat, 01 November 2019

Buah Wajib Para Atlet, Coba Kenali 9 Manfaat Pisang

World News - Pisang adalah buah sejuta umat yang bisa ditemui kapan saja dan dimana saja, apalagi di Indonesia, karena pisang adalah tanaman daerah tropis. Untuk mengonsumsinya, bisa dimakan langsung, meletakkannya sebagai topping makanan lain atau kamu bisa membuat smoothie yang menyegarkan sebagai menu sarapan pada pagi hari.
Karena cukup banyak dan mudah didapat di Indonesia, maka setelah membaca artikel ini kamu jangan sampai menyia-nyiakan khasiat luar biasa dari buah yang satu ini.
Segeralah menyetok pisang di atas meja makanmu, agar kamu dapat menikmatinya setiap hari. Karena jika kamu rutin melakukan ini, sederet manfaat hebatnya akan datang kepadamu,sebagaimana dikutip AkuratHealth dari situs Lifehack.
Memperbaiki pencernaan
Pisang mengandung serat larut dan tidak larut. Untuk urusan perut, kehadiran serat sangat penting karena dapat mengatur kecepatan pencernaan agar berjalan lebih soft dan pelan.
Karena kandungan pisang cukup padat, maka jika kamu mengonsumsi satu buah saja, akan merasa kenyang lebih lama. Ini tentu akan membantu sistem kerja organ pencernaan.
Masukkan pisang dalam menu sarapan pagimu dan rasakanlah energimu bertahan lebih lama dari biasanya.
Kesehatan jantung
Asupan makanan yang tinggi serat sangat baik khasiatnya untuk jantung. Makanan inggi serat telah dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular dan penyakit jantung coroner. Jika kamu mengonsumsi satu atau dua buah pisang, ini akan menambah minimal 4 gram serat setiap hari.
Tekanan darah tinggi
Cobalah membiasakan diri untuk makan 3 buah pisang sehari, karena ini akan dapat menurunkan tekanan darahmu secara serius. Pisang berukuran sedang ternyata memiliki 422 mg kalium dan nyaris saja bebas sodium. Ini akan membantu menetralkan efek tekanan darah karena meningkatkan natrium dalam makanan.
Kesehatan saluran pencernaan
Pisang dianggap sebagai makanan non iritasi pencernaan karena relatif mudah dicerna. Masalah pencernaan, pisang juga diketahui menguatkan saluran pencernaan dan memulihkan mineral yang hilang jika kamu mengalami diare.
Makanlah pisang jika kamu sering buang air besar. Alasan soal saluran pencernaan ini jugalah kemudian menjelaskan mengapa pisang adalah makanan yang paling pas diperkenalkan pertama kali kepada bayi.
Menciptakan sel sehat
Pisang punya kandungan vitamin B6 sebanyak 20% dari kebutuhan asupan orang dewasa setiap hari.  Ini sangat bisa membantu tubuh untuk memproduksi insulin amino non esensial, asam hemoglobin perlukan untuk membuat sel-sel sehat.
Jika sel-sel sehat ini terus diproduksi, maka antibodi untuk melawan infeksi akan begitu kuat.
Meningkatkan kinerja atletik
Inilah alasannya atlet sangat suka makan pisang. Karena diketahui, pisang sangat efektif sebagai antioksidan dan nutrisi massa otot secara alami.  Ini sudah dibuktikan oleh Appalachian State University melalui studinya dan menemukan bahwa memakan pisang setiap dapat memberikan energy besar saat berolahraga sepeda, dan terus mengasup karbohidrat khusus untuk olahraga setiap 15 menit. Perlu kamu tahu bahwa Yohan Blake, sprinter asal Jamaika, memakan 16 buah pisang setiap hari.
Menekan rasa lapar
Aroma dari buah pisang ternyata dapat menahan nafsu makan yang tiba-tiba dating. Doctor Alan Hirsch dari Chicago memastikan bahwa ketika kamu mencium aroma pisang, otakmu akan secara otomatis terkelabui. Otak akhirnya memberi sinyal bahwa kamu baru saja makan.
Ini tentu secara otomatis menjadi obat menurunkan berat badan. Maka, makan pisang sebaiknya mencium aromanya terlebih dahulu. Masih ragukah kamu memasukkan pisang dalam menu dietmu?
Penangkal anemia
Vitamin B6 yang terkandung di dalam buah pisang mengembangkan kadar glukosa darah dan dapat membantu tubuh untuk melawan anemia, penurunan jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah yang menyebabkan kelelahan, sesak nafas dan pucat.
Bikin hati senang
Pisang berukuran sedang biasanya mengandung sekitar 27 mg magnesium. Ini ternyata diketahui dapat membantu menaikkan mood dan membuatmu tidur lebih berkualitas.
Pria membutuhkan 420 mg magnesium, sedangkan wanita membutuhkan 320 mg per hari. Maka, pisang sudah menyetor jumlah ini sangat signifikan karena jika kekurangan magnesium, kamu akan mudah depresi dan cemas.

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar