Jumat, 01 November 2019

5 Tips Penting Kelola Uang Tanpa Utang, Lakukanlah!

World News - Beberapa orang memerlukan utang karena ada hal mendadak yang harus dikerjakan. Jikapun tidak, utang digunakan untuk membangun sebuah bisnis yang kemudian bisa menghasilkan uang. Tetapi, jika utang digunakan untuk kegiatan konsumtif, maka akan membahayakan keuangan personal.
Tetapi, apa yang lebih indah selain hidup tanpa utang? Dilansir dari Investopedia, AKURAT.CO memberikan strategi menarik agar terbebas dari utang.
1. Tabung dulu baru beli
Banyak perusahaan fintech yang memberikan pinjaman online dengan mudah dan cepat. Selain itu, ada pula aplikasi online yang bisa digunakan untuk kredit secara online.
Kemudahan tersebut bisa jadi bumerang untukmu jika kamu tidak memiliki pengendalian yang kuat. Akan lebih baik jika kamu bisa menabung dulu lalu membeli barang yang berguna untukmu dibanding mengambil pinjaman atau kredit yang memakan biaya lebih besar.
2. Mandiri atur keuangan
Jika kamu tidak memulai mengatur keuanganmu secara mandiri, maka kamu akan diatur oleh orang lain. Mendapat bantuan dari orang lain memang bagus, tetapi yang menjadi masalah adalah tidak semua yang orang lain sarankan bisa diterapkan pada kondisimu.
Setiap orang memiliki kondisi yang berbeda-beda, termasuk kondisi keuangannya. Bahkan, kamu bisa saja diatur untuk beli sebuah rumah baru dengan kredit padahal kamu hanya membutuhkan rumah sewa lebih dulu.
3. Catat segala pengeluaran
Banyak orang yang mengeluh sebagian pemasukannya habis untuk hal-hal yang tidak jelas. Begitu ada pemasukan, pasti langsung dikeluarkan tanpa mengetahui jumlah biaya tersebut. Padahal, dengan mencatat segala pengeluaran, kamu akan lebih mudah mengatur keuanganmu.
Kamu bisa memulainya dengan hanya mencatat pengeluaran setiap hari. Banyak aplikasi yang bisa kamu manfaatkan. Setelah itu, kamu akan sadar dan mulai mengurangi pengeluaran ketika melihat seberapa banyak pengeluaran yang telah kamu lakukan setiap bulannya.
4. Bayar dulu dirimu sendiri
Membayar diri sendiri bukan berarti langsung menggunakannya untuk hal lain. Tetapi, membayar diri sendiri untuk memiliki dana pengeluaran tak terduga. Ada banyak hal tak terduga yang bisa membuat pengeluaran kita membengkak, seperti kehilangan handphone, laptop, atau mengalami kerusakan dalam beberapa alat yang digunakan sehari-hari. Berapapun gajimu, sisihkan 20 hingga 30 persen untuk dana tak terduga ini.
5. Siapkan hari tua sejak dini
Tidak ada salahnya juga mulai memikirkan untuk menyiapkan biaya hari tua. Banyak orang yang berpikiran bahwa menyiapkan hari tua tidak ada gunanya karena jumlah uang hari ini akan berbeda untuk berpuluh tahun ke depan. Padahal, hal ini bisa diatasi dengan melakukan investasi.
Melalui instrumen investasi, kamu bisa menutupi laju inflasi, yang menyebabkan nilai uang terus bertambah. Jika kamu fresh graduate dan memiliki gaji yang terbatas, kamu bisa memulai dengan nominal yang kecil sesuai kemampuan karena modal investasi pun sekarang sudah bisa dimulai hanya dengan Rp100 ribu, bahkan ada pula yang hanya membutuhkan Rp10 ribu untuk beberapa instrumen tertentu.
Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk hidup tanpa berutang. 

Sumber : Akurat.co

Tidak ada komentar:

Posting Komentar